Fadhilah Ilmu

"Barang siapa merintis jalan mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga." (HR.Muslim)



Al-Bukhari telah meriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, dia berkata: Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,
"Sesungguhnya apabila seseorang telah dimasukkan ke dalam kubur, dan teman-temannya telah pergi meninggalkannya, dia benar-benar mendengar suara gesekan sandal mereka. Maka datanglah dua malaikat. Keduanya menyuruhnya duduk seraya berkata kepadanya, "Apa yang kamu katakan tentang orang ini, Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam?" Adapiun orang mukmin, dia menjawab, "Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya." Maka dikatakanlah kepadanya, "Lihatlah temipatmu di neraka, Allah telah menggantinya untukmu dengan suatu tempat di surga." Maka dia melihat kedua tempat itu semuanya."

Qatadah berkata, "Telah disebutkan kepada kami, bahwa mayit itu dilapangkan kuburnya sampai 40 hasta. Sedang menurut Muslim 70 hasta. Kubur itu dipenuhi hijau-hijauan, sampai hari dibangkitkannya seluruh makhluk.

Kemudian Qatadah kembali kepada hadits Anas di atas, dia berkata,
 "Adapun orang munafik dan kafir ditanya, "Apa yang kamu katakan tentang orang ini?" Maka dia jawab, "Saya tidak tahu. Saya hanya mengatakan seperti kata orang-orang." Maka dikatakanlah kepadanya, "Kamu tidak tahu,dan kamu tidak membaca." Lalu dia dipukul dengan palu-palu dari besi sekali pukul antara kedua telinganya. Maka menjeritlah dia dengan jeritan yang terdengar oleh makhluk-makhlirk di sekelilingnya, kecuali jin dan manusia."

Qurthubi mengatakan bahwa dalam Shalilh Muslim tidak ada kata-kata; "Kemudian Qatadah kembali kepada hadits Anas" dan seterusnya, sampai akhir hadits. Tapi kata-kata ini terdapat dalam Shahih Al-Bukhari. Jadi, hadits Al-Bukhari lebih lengkap.

Dan Ibnu Majah telah meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahi Anhu, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, bahwa beliau bersabda,
"Sesungguhya semua mayit masuk ke dalam kubur. Orang yang saleh duduk dalam kuburnya tanpa rasa takut dqn tidak juga kegirangan. Kemudian dia ditanya, "Apa yang telah kamu anut?" Dia jawab, "Aku menganut Islam."

Lalu ditanya, "Siapa orang ini?" Dia jawab, "Muhammad Rasul Allah. Dia telah datang kepada kami membawa keterangan-keterangan dari sisi Allah, maka kami mempercayainya."
Lalu ditanya, "Apakah kamu pernah melihat Allah?" Dia jawab, "Tidak, tidak sepatutnya seseorang melihat Allah."

Maka dibukakan untuknya sebuah lubang ke arah neraka, dimana dia bisa melihatnya, saling berbenturan satu sama lain. Maka dikatakanlah kepadanya, "Lihatlah sesuatu yang Allah pelihara untukmu darinya." Selanjutnya dibukakan pula lubang ke arah surga, dimana dia bisa melihat gemerlapnya dan segala isinya. Maka dikatakanlah kepadanya, "Inilah tempatmu." Dan dikatakan  pula kepadanya, "Kamu telah menganut agama atas itu kamu telah meninggal, dan atas itu pula kelak kamu dibangkitkan, insya Allah."

Adapun orang jahat, dia duduk dalam kuburnya dengan rasa takut dan cemas. Dia ditanya, "Agarna apa yang telah kamu anut?" Dia jawab, "Tidak tahu.” Ditanya lagi, "Siapa orang ini?" Dia jawab, "Saya dengar orang mengatakan sesuatu, maka saya mengatakannya pula."
Maka dibukakanlah untukava suatu lubang ke arah surga, dimana dia bisa melihat gemerlapnya dan segala isinya. Maka dikatakan kepadanya, "Lihatlah apa yang telah Allah palingkan darimu." Kemudian dibukakan pula suatu lubang ke arah neraka, dimana dia bisa melihatnya, saling berbenturan satu sama lain. Maka dikatakanlah kepadanya, "Inilah tempatinu. Kamu telah menganut keraguanmu, atas itu kamu telah meninggal, dan atas itu pula kamu kelak akan dibangkitkan, insya Allah." (Shahih, menurut Al Albani)

Menurut riwayat At-Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dia berkata, "Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,
"Apabila mayit — atau beliau katakan, seorang dari kamu sekalian- telah dikubur, maka datanglah kepadanya dua malaikat hitam-biru. Yang satu bernama Munkar, dan yang lain Nakir. Keduanya berktata, "Apa yang telah kamu katakan tentang orang ini?" Maka dia katakan seperti yang senantiasa dia katakan, "Dia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya."
Kedua malaikat itu berkata, "Kami telah tahu, bahwa kamu berkata seperti itu." Kemudian kuburnya dilapangkan seluas 70 hasta kali 70 hasta, kemudian diterangi ruangannya, dan dikatakan kepadanya: "Tidurlah."
Maka mayit itu bertanya, "Bisakah aku pulang kepada keluargaku, sehingga aku ceritakan kepadn mereka?" Tapi kedua malaikat itu menjawab, "Tidurlah seperti tidur pengantin, yang tidak bisa dibanguanan kecuali oleh orang yang paling dkintainya." Demikianlah, sampai kelak dia dibangkitkan Allah dari tempat berbaringnya itu.
Adapun orang munafik, dia berkata, Saya mendengar orang-orang mengatakan sesuatu, maka aku mengatakannya pula, tapi saya tidak tahu." Maka kedua malaikat itu berkata, "Kami telah tahu kamu berkata seperti itu."
"Maka dikatakanlah kepada bumi: "Gulunglah dia." Maka digulungnya dia sampai berantakan tulang-belulangnya. Demikianlah dia selalu disiksa, sampai Allah membangkitkannya kelak dari tempat berbaringnya itu." (Kata AtTirmidzi, hadits ini hasan-gharib. Isnadnya hasan: Zhilal Al-Jarinah fi Takhrij karya Ibnu Abi Ashim (864) dan Ash-Shahihah (1391) karya Al-Albani ).
Demikian pula, Abu Dawud telah meriwayatkan dari Anas Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah masuk ke kebun korma milik Bani Najjar. Di sana beliau mendengar suara sesuatu. Beliau terkejut, maka beliau bertanya, "Siapa penghuni kubur-kubur ini?"
Para sahabat menjawab, "Ya Rasulullah, mereka adalah orang-orang yang meninggal di masa jahiliyah."
Maka beliau berkata, "Berlindunglah kamu sekalian kepada Allah dari siksa kubur dan fitnah dajjal."
Mereka bertanya, "Kenapa begitu, ya Rasulullah?" Beliau menjawab, "Sesunggulmya apabila orang mukmin telah diletakkan di dalam kuburnya, maka datanglah satu malaikat kepadanya, lalu berkata, "Apa yang telah kamu sembah?" Jika Allah memberinya hidayah, maka dia menjawab, "Aku menyembah Allah."
Lalu ditanya, "Apa yang telah kamu katakan tentang orang ini?" Dia jawab, "Dia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya."
Hanya itu yang ditanyakan kepadanya, lalu dibawa ke sebuah rumah, yang semula akan diberikan kepadanya di dalam neraka. Tapi dikatakan, "Inilah yang semula akan diberikan kepadamu di dalam neraka, tetapi Allah telah memelihara dan merahmatimu, maka Dia ganti dengan sebuah rumah untukmu di dalam surga."
Mayit itu berkata, "Biarkan aku pergi memberitahuu keluargaku." Tapi dikatakan kepadanya, "Diamlah."
Adapun orang apabila telah diletakkan di dalam kuburnya, maka datanglah kepadanya satu malaikat. Orang kafir itu dibentaknya seraya ditanya, "Apa yang telali kamu sembah?" Dia jawnb, "Saya tidak tahu. Saya dulu hanya mengatakan seperti yang dikatakan orang-orang." Oleh karena itu dia dipukul dengan palu-palu besi antara kedua telinganya. Maka dia berteriak dengan teriakan yang terdengar oleh seniva makhluk, selain jin dan manusia. (Shahih: Shahih Al-Jami" (1930), dan Ash-Shahihah (1344) karya Al-Albani Rahimahumullah.)

Dan Abu Dawud meriwayatkan pula dari Al-Barra' bin Azib Radhiyallahu Anhu, dia berkata, "Kami pernah keluar bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam mengiring jenazah seorang lelaki Anshar. Kami telah sampai ke kubur, sementara belum digali liang lahatnya. Maka Rasulullah duduk, dan kami duduk di sisi beliau, seakan-akan ada burung di atas kepala kami. Adapun beliau sendiri memegang sebatang kayu dan menotok-notokannya ke tanah, lalu beliau mengangkat kepalanya seraya berkata, "Mintalah kamu sekalian perlindungan kepada Allah dari adzab kubur," dia atau tiga kali. Lalu beliau lanjutkan, "Dan sesunggithnya dia benar-benar mendengar suara gesekan sandal orang-orang ketika mereka meninggalkannya, yakni ketika dia ditanya, "Siapa Tuhanmu, apa agamanu, dan siapa Nabimu?"
Rasul melanjutkan, "Dan datanglah kepadanya dua malaikat. Kemudian menyuruhnya duduk seraya bertanya, "Siapa Tultanmu?" Dia jawab,"Tuhanku Allah."
Keduanya bertanya lagi, "Apa agamamu? Dia jawab, "Agamaku Islam."
Keduanya bertanya lagi, "Siapa orang ini, yang telah diutus di tengah kamu sekalian?" Dia jawab, "Dia adalah Rasul Allah."
"Dari mana kamu tahu?" tanya kedua malaikat itu pula, maka dia jawab, "Aku membaca Kitab Allah, maka aku beriman dan mempercayai."
Maka terdengar suatu seruan yang menyeru dari langit, "Benarlah hamba-Ku. Maka, hamparKan untuknya permadani dari surga, beri dia pakaian dari surga, dan bukakan untuknya satu pintu ke surga."
Maka datang kepadanya sebagian dari kesenangan dan wewangian surga. Dan dilapangkan kuburnya sejauh pandangan matanya.
Adapun orang kafir - selanjutnya beliau menyebutkan tentang kematiannya seperti sabdanya -, maka nyawanya dikembalikan kepada jasadnya, Ialu datang kepadanya dua malaikat. Keduanya menyuruh dia duduk lalu bertanya, "Siapa Tuhanmu? Tapi jawabnya, "Hah, hah, saya tidak tahu."
Keduanya bertanya pula, "Siapakah orang ini, yang telah diutus di tengah kamu sekalian?" Dia jawab, "Hah, hah, saya tidak tahu."
Maka terdengarlah suatu seruan, "Hamba-Ku ini telah mendustakan. Maka, hamparkan untuknya hamparan di dalam neraka, beri dia pakaian dari neraka, dan bukakan untuknya sebuah pintu ke neraka."
Maka datang kepadanya panas neraka dan racun-racunnya. Sementara itu kuburnya dihimpitkan terhadapnya, sehingga berantakan tulang-belulangnya."
Ada tambahan dalam hadits riwayat Jarir, bahwa beliau berkata, "Kemudian Allah mendatangkan kepadanya seorang buta dan bisu membawa tongkat besi, yang andaikan dipukulkan pada gunung, niscaya lebur menjadi debu." Beliau katakan," Tongkat itu dihantamkan kepadanya dengan suatu hantaman yang terdengar oleh semua makhluk antara timur dan barat, selain jin dan manusia. Maka hancurlah menjadi debu, Ialu dikembalikan lagi nyawanya ke dalam tubultnya.” (Shahih: Ahkam al-Jana’'iz (198) karya Al-Albani. Ibnul Qayyim telah mendukung hadits ini, dan membantah dengan baik terhadap orang yang menganggapnya cacat)

sumber: http://rumahislam.com/aqidah/173-iman-kepada-hari-akhir/978-pertanyaam-dala-kubur.html


0 komentar:

Poskan Komentar

About this blog

Pages

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

Blogroll

Blogger templates

Blogger news

related post

Fadhilah Ilmu